25.4 C
Yogyakarta
Minggu, 3 Maret 2024
BerandaKabarPembukaan Kemah Prestasi Hizbul Wathan 2024

Pembukaan Kemah Prestasi Hizbul Wathan 2024

Lembaga Pers Mu’allimin, Sleman — Sabtu (10/2/2024) Hizbul Wathan Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta menyelenggarakan upacara pembukaan Kemah Prestasi 2024. Perkemahan yang dipergunakan untuk Kemah Prestasi 2024 berada di Garongan, Kembang, Jl. Dusun Garongan, Kembang, Wono Kerto, Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Yang mana lokasinya berada di kaki gunung Merapi dan dari bumi perkemahan ini di arah utara dapat dengan jelas melihat puncak gunung Merapi.

Acara ini dimulai sejak pukul 15.30 WIB dengan melakukan latihan terlebih dahulu keseluruhan susunan acara. Latihan ini terjadi tanpa direncanakan sebelumnya untuk dilakukan sebagai pemanfaatan waktu atas keterlambatan tamu undangan. Dengan persiapan dan latihan yang matang, pelaksanaan upacara ini dapat terlaksana dengan lancar.

Beberapa tamu undangan hadir dalam upacara pembukaan ini, diantaranya telah hadir Ramanda Agus Firmansyah sebagai perwakilan dari Kwartir Pusat Hizbul Wathan, Ramanda Ahmad Afandi dan seorang lagi mewakili Kwartir Daerah Kota Yogyakarta. Masing-masing dari perwakilan yang datang memberikan banyak pesan dan nasihat yang ditujukan tak hanya pada peserta namun juga pada Hizbul Wathan Mu’allimin. Seperti halnya pesan dari Ramanda Agus Firmansyah untuk membawa kepanduan Hizbul Wathan kepada dunia Internasional dan hal itu telah beberapa kali dilakukan oleh Madrasah dan diikuti oleh banyak kader Hizbul Wathan dari Madrasah Mu’allimin, yang tentunya mendapat banyak apresiasi berdatangan dari banyak pihak. Berurutan setelah pidato tersebut perwakilan dari Kwarda Hizbul Wathan turut menyampaikan beberapa patah kata pada peserta.

Upacara ini dilaksanakan dengan dipimpin oleh Rakanda Diandra Nadhif, kader tingkat 5 selaku Komandan Upacara, yang juga seorang mantan Paskibraka Kota Yogyakarta. Bertugas sebagai Inspektur upacara ialah Ustaz Aly Aulia Lc., M.Hum. yang memberikan beberapa wejangan kepada seluruh peserta kemah dalam amanatnya. Dalam amanatnya, Ustaz Aly menyampaikan betapa pentingnya Kemah Prestasi ini sebagai salah satu bagian dari kaderisasi di Mu’allimin. Beliau juga menekankan bahwa olah jasmani amat diperlukan utamanya bagi anak diusia para peserta.

Upacara dapat berjalan dengan semestinya tanpa kendala yang pasti. Upacara ini melakukan penanaman pohon tunas kelapa sebagai sebuah pembuka dari acara Kemah Prestasi. Simbolisasi tunas kelapa digunakan untuk mengumpamakan anak manusia, mereka dikubur dan disiram agar dapat tumbuh dengan baik. Seperti tunas kelapa yang baru ditanam, para peserta akan diberi banyak rintangan, tantangan, dan ujian untuk memastikan peserta dapat menumbuhkan pemahaman dengan pikirannya.

Oleh: Rinoya Amanullah dan Qori' Johar Muttaqin.
Editor: Haidar Ahmad Zabran Aliyuddin.
Disclaimer: Konten adalah hak cipta dan tanggung jawab masing-masing pembuat, kecuali dinyatakan sebaliknya. Selengkapnya

Tinggalkan Komentar

Silakan tulis komentarmu!
Silakan masukkan namamu di sini

Ikuti KweeksNews!

104FansSuka
1,051PengikutIkuti
41PengikutIkuti

Kiriman Terbaru

- Iklan -