25.6 C
Yogyakarta
Minggu, 27 November 2022

Tentang Kami?

Pengarah
Muhammad Primus F.

Webmaster
Wildan Aziz H.
Moh Wildan R.

Editor Web
Siriel Wafa N. F.
Azmi Hanief Z.
Izzudin Al Qassam A.
Yudistira Brigas W.
Muhammad Abimanyu P. W.

Ilustrator
Bilhaq Sabili
Muhammad Adien P.

Tentang KweeksNews

KweeksNews adalah situs web yang dirancang sebagai media untuk mewadahi berbagai konten seperti artikel, kabar, cerpen, video, podcast, dan lain sebagainya dari berbagai warga/elemen seperti santri, organisasi santri, komunitas, pengajar, dan seluruh warga/elemen Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta lainnya.

Nama KweeksNews diambil dari dua kata, yaitu Kweekschool Moehammadijah dan News. Kweekschool Moehammadijah, dalam sejarah, adalah nama Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah pada tahun 1923 sampai 1932. Sedangkan news berasal dari bahasa Inggris yang berarti berita, warta, atau kabar.

Situs web ini diluncurkan pada tanggal 8 Februari 2020. Pengelolaannya dilakukan oleh organisasi santri Lembaga Pers Mu’allimin dan dibagi dalam tiga bagian, yakni webmaster, editor web, dan ilustrator. Webmaster bertugas melakukan perawatan dan pengembangan situs web yang bersifat teknis. Editor web bertugas melalukan pengelolaan konten, seperti menyunting, memperbaiki, menerbitkan, dan lain sebagainya. Sedangkan ilustrator bertugas membuat ilustrasi-ilustrasi yang diperlukan di situs web.

Konten di KweeksNews dapat dikirim melalui dua cara. Untuk warga/elemen Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah secara umum, dapat mengirimkan konten melalui formulir Kirim Konten yang dapat diakses dari menu pada situs web. Sedangkan untuk organisasi santri, organisasi daerah, komunitas, dan kelompok warga/elemen lainnya, dapat mengirimkan konten melalui akun masing-masing.

Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah

Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah adalah sekolah kader di bawah Pimpinan Pusat Muhammadiyah yang didirikan oleh KH. Ahmad Dahlan pada tahun 1918.

Pada awalnya didirikan oleh KH. Ahmad Dahlan pada tahun 1918 dengan nama Qismul Arqo di Kampung Kauman Yogyakarta. Sepanjang sejarahnya, Madrasah al-Qismu al-Arqo mengalami beberapa kali perubahan nama. Secara kronologis, perubahan nama ini dimulai dari Madrasah al-Qismu al-Arqo kemudian Hogere Moehammadijah School lalu Kweekschool Islam dan menjadi Kweekschool Moehammadijah. Perubahan nama menjadi Madrasah Mu’allimiin Muhammadiyah terjadi pada tahun 1941, berdasar hasil kongres Muhammadiah ke-23, 19-25 Juli 1934 di Yogyakarta.

Organisasi Santri

Ikatan Pelajar Muhammadiyah

Pimpinan Ranting IPM Madrasah Mu'allimin

Hizbul Wathan

Dewan Eksekutif Penghela Qobilah Ki Bagus Hadikusumo

Tapak Suci

Unit 009

Lembaga Pers Mu'allimin

Mu'allimin Scientific Community

Sobat Perpustakaan Mu'allimin

Student of Mu'allimin Medical Team

Komunitas

Foreign Pals

Rasyidi Circle

Suku Teater

Menyusul