24 C
Yogyakarta
Senin, 15 April 2024
BerandaKabarPelatihan Haji dan Umrah di Tepi Samas

Pelatihan Haji dan Umrah di Tepi Samas


Pada hari kamis, 26 Januari 2023. Madrasah Mu’allimin mengadakan acara pelatihan manasik haji dan umrah. Yang dilaksanakan di tepi pantai Samas tepatnya di miniatur Ka’bah di Dewa Ruci, Dusun Wonoroto, Gadingsari, Sanden, Bantul. Acara tersebut diikuti oleh kader tingkat 5 jurusan keagamaan sebagai syarat kenaikan kelas sekaligus sebagai nilai praktek ibadah. Acara tersebut dipandu langsung oleh para ustadz-ustadz, diantaranya ustadz Anang Faturrahman Lc. dan ustadz Misbachul Munir Lc.


Para santri mulai berangkat menuju lokasi pada pukul 1 siang selepas pulang sekolah. Sesampai disana, para santri langsung diberikan materi mengenai tata cara umrah dan haji oleh Ust. Misbachul Munir, dimulai pukul 14.00 hingga menjelang ashar yang disambut semangat dan antusias para santri. Setelah ashar para santri langsung mempraktekkan ibadah haji. Diawali dengan latihan memakai baju ihram yang dicontoh langsung oleh Ustadz Anang. Selanjutnya para santri mulai berjalan dari miniatur Ka’bah hingga berakhir di Mina, yang menandakan selesai sudah praktek langsung ibadah pada pukul 16.30. Setelah itu para santri diberi waktu bebas untuk beristirahat dan bermain hingga pukul 17.30. Ada yang bermain di pantai, makan nasi, atau mengobrol santai dengan Ustadz-ustadz.
Acara tersebut diakhiri dengan melaksanakan sholat jama’ maghrib dan isya secara berjama’ah dan doa bersama.

“Semoga para santri-santri Mu’allimin dapat melaksanakan ibadah haji dam Umrah di Baitullah, atau bahkan dapat belajar menuntut ilmu langsung di tanah haram tersebut.” ucap Ust. Misbach dalam doanya. Sesudah itu para santri kembali pulang ke madrasah dengan menaiki bis yang sudah disediakan.

Oleh: M. Pangeran Yusuf
Editor: Danu Rahman W.
Disclaimer: Konten adalah hak cipta dan tanggung jawab masing-masing pembuat, kecuali dinyatakan sebaliknya. Selengkapnya

Ikuti KweeksNews!

104FansSuka
1,063PengikutIkuti
41PengikutIkuti

Kiriman Terbaru

- Iklan -