29.7 C
Yogyakarta
Minggu, 5 Mei 2024
BerandaArtikelMubalig Hijrah IPSAAS Sukses Gaungkan Dakwah di Kabupaten Pekalongan: Hadirkan Festival Anak...

Mubalig Hijrah IPSAAS Sukses Gaungkan Dakwah di Kabupaten Pekalongan: Hadirkan Festival Anak Saleh, Tabligh Akbar hingga Diskusi Pelajar

Pekalongan, Lembaga Pers Mu’allimin, IPSAAS- Organisasi Daerah (OrDa) IPSAAS merupakan perkumpulan para santri/santriwati Madrasah Mu’allimin Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta yang berasal dari daerah pantura Jawa Tengah diantaranya Pemalang, Pekalongan, Batang, Tegal, Brebes.

Salah satu program dari Organisasi Daerah IPSAAS yakni ialah mengadakan kegiatan Mubalig Hijrah di setiap tahunya. Lalu, apa sih Mubalig Hijrah itu? Mubalig Hijrah (MH) adalah program tahunan setiap di bulan Ramadan yang diikuti oleh para santri/santriwati Madrasah Mu’allimin Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta yang diwajibkan bagi kelas 4 dan 5 Madrasah Aliyah, program ini berlangsung selama 20 hari pertama di bulan Ramadan.Kegiatan ini berupa dakwah ditengah tengah masyarakat seperti mengajar TPA, kultum, imam, adzan dan lain-lain.

Program Mubalig hijrah ini diadakan guna melatih mental serta kecakapan para santri/santriwati dalam berdakwah di masyarakat, agar nantinya setelah lulus dari pendidikan selama 6 tahun mereka akan pandai ketika dilesatkan sebagai kader anak panah Muhammadiyah di masa yang akan datang.

Perlu diketahui pelaksanaan Mubalig Hijrah IPSAAS di bulan Ramadan 1445 H dilaksanakan di Kecamatan Talun, Kabupaten Pekalongan, Provinsi Jawa Tengah. Lalu apa saja sih kegiatan MH IPSAAS? Berbagai kegiatan yang dilaksanakan saat Mubalig Hijrah diantaranya Tabligh Akbar, Festival Anak Saleh, dan Diskusi Pelajar Muhammadiyah.

Kemudian saat pelaksanaan mubaligh hijrah para santri/santriwati juga berlatih untuk menjadi imam, mengisi kultum, mengajar TPA, dll.

Adapun Tabligh Akbar Mubaligh Hijrah IPSAAS dilaksanakan di Masjid Darussalam Talun pada tanggal 29 Maret 2024 yang diisi oleh Ustaz dr .Berlian Yusuf dari Majelis Tabligh PP Muhammadiyah.

Kegiatan Festival Anak Saleh berupa perlombaan keagamaan seperti, adzan, kaligrafi, MHQ, hafalan doa, yang diikuti oleh siswa/siswi MI Muhammadiyah Donowangun Talun. Kegiatan Festival Anak Saleh berupa perlombaan keagamaan seperti, adzan, kaligrafi, MHQ, Hafalan doa, yang diikuti oleh siswa/siswi MI Muhammadiyah Donowangun Talun.

Kegiatan Diskusi Pelajar Muhammadiyah dilaksanakan di tanggal 28 Maret 2024 yang dibersamai oleh Ipmawan Erwin Fajariansyah dari PW IPM Jawa Tengah selaku pemateri dan dimoderatori oleh Akbar Ash Shidqi selaku Ketua Bidang KDI PR IPM Mu’allimin sekaligus Ketua Umum IPSAAS periode 2023/2024.

Oleh: Akbar Ah Shidqi (Ketua Umum IPSAAS periode 2023/2024)
Editor: Danu Rahman Wibowo
Disclaimer: Konten adalah hak cipta dan tanggung jawab masing-masing pembuat, kecuali dinyatakan sebaliknya. Selengkapnya
Kiriman Sebelumnya
Kiriman Selanjutnya

Tinggalkan Komentar

Silakan tulis komentarmu!
Silakan masukkan namamu di sini

Ikuti KweeksNews!

105FansSuka
1,062PengikutIkuti
41PengikutIkuti

Kiriman Terbaru

- Iklan -