30 C
Yogyakarta
Sabtu, 3 Juni 2023
BerandaArtikelBer-Mubaligh Hijrah & Lomba OSN

Ber-Mubaligh Hijrah & Lomba OSN

Dalam pelaksanaan Mubaligh Hijrah tahun ini, Madrasah Mu’allimin tidak hanya menerjunkan para siswanya di Indonesia, namun juga internasional. Dari sekian banyaknya siswa yang diterjunkan untuk mengikuti Mubaligh Hijrah dan berdiaspora di masyarakat, ada beberapa siswa yang menjalani Mubaligh Hijrah di dalam Madrasah. Sebanyak 28 siswa kelas IV dan V yang mengikuti lomba Olimpiade Sains Nasional (OSN) menjalani Mubaligh Hijrah di dalam lingkungan Madrasah.

Para siswa terpilih yang sudah menjalani bimbingan belajar sesuai dengan kejuaraan yang diikuti menjalani Mubaligh Hijrah di Madrasah, hal itu supaya para siswa peserta lomba OSN dapat lebih fokus dalam belajar dan mengikuti bimbingan. Terhitung sekitar 10-11 hari para peserta lomba OSN menjalani Mubaligh Hijrah di Madrasah. Dalam kegiatan MH, tentu ada perbedaan dengan kegiatan MH Nasional. Para peserta MH OSN menjalani kegiatan MH seperti adzan, imam salat wajib, imam salat tarawih, kultum, dan piket membagikan takjil yang disediakan di Madrasah. Tidak seperti peserta MH Nasional dan Internasional yang benar-benar menjadi mubaligh di masyarakat, peserta MH OSN lebih fokus untuk belajar dan mengikuti bimbingan agar dapat mengikuti lomba OSN dengan sebaik mungkin.

Salah satu peserta MH OSN yang mengikuti cabang lomba biologi, Naufal Muzakki menyampaikan, “Kita disini sama-sama belajar karena kita tidak langsung terjun ke masyarakat, kegiatan seperti imam, adzan, dan kultum yang jamaahnya hanya teman-teman sendiri itu jadi tempat evaluasi dan tempat belajar agar lebih siap untuk terjun ke masyarakat”, Naufal melanjutkan, “Jadi MH OSN ini menurutku menjadi pengalaman belajar untuk mempersiapkan diri untuk terjun ke masyarakat dan MH OSN menjadi pengalaman yang berkesan karena disini kita juga dikritik dan dievaluasi oleh para guru, itu menjadi pelajaran untuk kedepannya.”

“Alhamdulillah dengan MH OSN ini, dengan kegiatan belajar intensif kita bisa mendapat pelajaran dan pengalaman berharga. Kita juga bisa mempunyai banyak waktu luang untuk belajar dan mempunyai persiapan yang matang untuk mengikuti lomba OSN pada tanggal 5 dan 6 April. Dan juga semoga pelatihan lomba seperti OSN dan lomba-lomba lainnya bisa serius dan intensif lagi”, ucap Naufal.

Oleh: Danu Rahman W.
Editor: Danu Rahman W.
Disclaimer: Konten adalah hak cipta dan tanggung jawab masing-masing pembuat, kecuali dinyatakan sebaliknya. Selengkapnya

Tinggalkan Komentar

Silakan tulis komentarmu!
Silakan masukkan namamu di sini

Ikuti KweeksNews!

104FansSuka
812PengikutIkuti
40PengikutIkuti

Kiriman Terbaru

- Iklan -