29.1 C
Yogyakarta
Senin, 15 April 2024
BerandaKabarAMMAKSDA Sukseskan Mubalig Hijrah di Kota Surakarta: Hadirkan Tabligh Akbar, SANLAT, hingga...

AMMAKSDA Sukseskan Mubalig Hijrah di Kota Surakarta: Hadirkan Tabligh Akbar, SANLAT, hingga RAMFEST

Lembaga Pers Mu’allimin, Surakarta- Apa sih Mubalig Hijrah tuh? Mubalig Hijrah merupakan salah satu program kaderisasi yang dilakukan oleh  Madrasah Mu’allimin maupun Mu’allimaat yang bertujuan untuk membantu masyarakat dan berkiprah di Masyarakat. Para santri atau santriwati diterjunkan langsung ke masyarakat entah itu daerah terpencil maupun kota untuk berdiaspora menjadi mubalig dan mubaligat. Lalu apa saja yang dilakukan? Kegiatan dari Mubalig Hijrah itu sendiri adalah mengayomi masyarakat dan membantu masyarakat dalam beberapa bidang.

AMMAKSDA merupakan organisasi daerah yang berisi para santri/santriwati yang berasal dari Semarang, Klaten, dan sekitarnya. AMMAKSDA juga merupakan salah satu dari banyaknya organisasi daerah yang ada di Mu’allimin maupun Mu’allimaat. Lalu apa saja yang dilakukan oleh AMMAKSDA? Jawabannya ialah banyak banget. AMMAKSDA memiliki banyak kegiatan, mulai dari mengajar TPA, menjadi Imam serta kultum harian, menjadi muadzin, dll. Itu merupakan kegiatan wajib dari Mubalig Hijrah yang diselenggarakan oleh Mu’allimin dan Mu’allimaat dan itu baru kegiatan kecil aja lohh. Organisasi Daerah cenderung melakukan kegiatan besar atau event yang bertujuan untuk membantu dan mengayomi masyarakat. Kegiatan besar atau event yang dimaksud ialah mulai dari mengadakan tabligh akbar, lomba-lomba, kerja bakti, dan masih banyak lagi.

Organisasi AMMAKSDA tahun ini mengadakan Mubalig Hijrah di Kota Solo dan telah mengadakan banyak event juga lohh. Ada Tabligh Akbar bersama Dr. K.H. Tafsir, M. Ag. yang merupakan Ketua Umum PWM atau Pimpinan Wilayah Muhammadiyah di Jawa Tengah periode 2022 – 2027 yang pembawa acaranya merupakan kader tingkat 6 Madrasah Mu’allimin yaitu saudara Wildan Mauzakawali yang juga telah mengisi banyak pengajian di Mubalig Hijrah tahun lalu dan beberapa acara AMMAKSDA. Selain Tabligh Akbar Organisasi AMMAKSDA juga mengadakan SANLAT atau Pesantren Kilat bagi anak-anak SD Muhammadiyah 16 Karangasem dan juga mengadakan RAMFEST atau Ramadan Festival yang berisi lomba-lomba yang tentunya asik dan menarik. Ada lomba mewarnai, Pildacil atau pidato cilik, adzan, kaligrafi, cerdas cermat, dan yang paling menarik adalah lomba fashion show yang berhasil menarik banyak perhatian siswa-siswi SD Muhammadiyah 16 Karangasem. Dan dari Panitia itu sendiri juga mengadakan perform pantomim, tarian berbagai daerah, dan juga menampilkan seni beladiri Tapak Suci yang juga berhasil menarik dan memeriahkan acara Ramadan Festival. AMMAKSDA juga mengadakan kegiatan berbagi takjil yang dibagikan ke orang-orang yang kurang mampu, musafir dan warga sekitar. Untuk lebih lengkapnya bisa dicek di Instagram AMMAKSDA (@ammaksda) dan jangan lupa di-follow yaa. Nantikan terus keseruan-keseruan kita.

Oleh: Yahya Faizul Anwar
Editor: Danu Rahman Wibowo
Disclaimer: Konten adalah hak cipta dan tanggung jawab masing-masing pembuat, kecuali dinyatakan sebaliknya. Selengkapnya
Kiriman Sebelumnya
Kiriman Selanjutnya

Tinggalkan Komentar

Silakan tulis komentarmu!
Silakan masukkan namamu di sini

Ikuti KweeksNews!

104FansSuka
1,063PengikutIkuti
41PengikutIkuti

Kiriman Terbaru

- Iklan -