29.1 C
Yogyakarta
Senin, 15 April 2024
BerandaArtikelBerbuka Puasa ala LPM

Berbuka Puasa ala LPM

Lembaga Pers Mu’allimin, Yogyakarta — Bulan Ramadan hampir berakhir, dan pastinya kita sudah mencoba menu-menu favorit untuk berbuka puasa bukan? Nah, kali ini LPM hadir memberikan rekomendasi tips ala-ala berbuka puasa yang pasti bikin Ramadan kali ini makin seru! Penasaran? Yuk Simak artikel berikut ini!

1. Berbuka dengan Tradisi Rasulullah: Air Mineral dan Kurma

Saat berpuasa, tubuh kita kehilangan banyak cairan. Untuk menggantinya, air mineral adalah pilihan terbaik. Tambahkan dengan kurma, seperti yang diajarkan Rasulullah SAW. Sebagaimana disebutkan dalam hadits ini.

“Rasulullah SAW berbuka dengan beberapa kurma basah sebelum mendirikan sholat. Apabila tidak ada maka dengan kurma kering. Apabila tidak ada maka beliau meminum air.” (HR Dawud).

2. Manis, Segar: Pilihan yang Pas!

Nikmati berbuka dengan yang manis untuk mengembalikan energi dan stabilkan kadar gula darah. Mimin merekomendasikan sup buah, es blewah, atau jus buah segar. Tetapi, ingatlah untuk tidak berlebihan dalam mengonsumsi makanan manis.

3. Berburu Takjil di Kampung Ramadan dan Masjid Terdekat

Sekarang temen-temen dari berbagai agama lain juga ikut berburu takjil loh, kita jangan kalah. Bagi yang suka ‘hunting’ takjil gratis, ayo langsung saja ke masjid atau kampung Ramadan terdekat. Di Jogokaryan, Kauman, atau masjid kampus, pasti banyak takjil enak yang bisa dinikmati. Tetap sesuaikan dengan budget, ya!

4. Bersama Keluarga, Lebih Menyatu

Berbuka puasa dengan keluarga adalah momen berharga juga salah satu momen yang dirindukan. Di situlah kita bisa berbagi cerita dan meningkatkan kebersamaan. Apa pun yang dimasak dan dimakan bersama akan terasa nikmat karena momen kebersamaan itu sendiri.

5. Kreasikan Masakanmu Sendiri

Jika sedang malas keluar rumah, berbuka dengan masakan buatan sendiri bisa menjadi pilihan tepat! Selain hemat, kita bisa berkreasi sebebas mungkin. Ingat, makanan yang dimasak sendiri akan terasa lebih nikmat karena rasa perjuangan untuk membuatnya.

Mari manfaatkan bulan Ramadan dengan cara yang paling berkesan dan nikmati setiap momennya bersama keluarga dan sahabat!

Oleh: Danu Rahman Wibowo dan Azimmar Amirul Alam.
Editor: Haidar Ahmad Zabran Aliyuddin.
Disclaimer: Konten adalah hak cipta dan tanggung jawab masing-masing pembuat, kecuali dinyatakan sebaliknya. Selengkapnya

Tinggalkan Komentar

Silakan tulis komentarmu!
Silakan masukkan namamu di sini

Ikuti KweeksNews!

104FansSuka
1,063PengikutIkuti
41PengikutIkuti

Kiriman Terbaru

- Iklan -