29.5 C
Yogyakarta
Minggu, 3 Maret 2024
BerandaKabarUKT Pengenal Utama, Caraka Malam Menyusuri Kampus Sedayu

UKT Pengenal Utama, Caraka Malam Menyusuri Kampus Sedayu

Yogyakarta, Lembaga Pers Muallimin – Pada Hari Kamis – Jum’at (16-17/11/2023), kader tingkat 3 Madrasah Mu’alimin Muhammadiyah Yogyakarta mengikuti kegiatan ujian kenaikan tingkat utama di Kampus Terpadu Sedayu Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta.

Kegiatan ini dilakukan oleh Dewan Eksekutif Penghela Ki Bagus Hadikusumo. Kegiataan ini dibuka secara formal sore hari (16/11/2023) pukul 16.30 WIB dan berakhir dini hari (17/11/2023)

Acara ini dimulai dengan pembukaan dan sambutan singkat oleh Wakil Direktur 3 Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta Ustaz Zulkifli, S.Pd.I., M.Pd.I., dan dilanjutkan dengan sesi singkat pengisian buku Syarat Kenaikan Tingkat. Setelah itu dilanjutkan sesi istiarhat, salat, dan makan (ishoma) dari waktu maghrib sampai azan isya’. Setelah azan isya, peserta mengikuti kegiatan materi yang diisi oleh Rakanda Hisyam Abdi El Aziz.

Setelah materi, peserta mengikuti sesi Caraka Malam, yaitu menyusuri Kampus Sedayu dan sekitarnya. Terdapat beberapa titik pos yang harus dilewati, diantaranya pos keislaman, kemuhammadiyahan, ke-HW-an, dll. Disinilah mental dan fisik peserta ujian kenaikan tingkat benar-benar dikuras, untuk melihat seberapa layak kader tingkat 3 yang menyandang tingkat Purwa naik ke tingkat Utama.

Pada UKT Pengenal Utama kali ini kader tingkat 3 diharapkan dapat menjadi Pandu Pengenal Utama yang sebaik-baiknya dan sebenar-benarnya dan bermanfaat bagi sesame. Sebagai mana yang disampaikan oleh Ketua Umum Dewan Eksekutif Penghela Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta. ”Usai kenaikan tingkat Pandu pengenal utama yang baru saja dilaksanakan kemarin merupakan salah satu jenjang pengkaderan resmi yang ada di Mu’allimin ini, yang mana dari kelas 1-4 semua santri diharapkan mengikuti dengan baik jenjang perkaderan terutama di Hizbul Wathan ini,” ucap Athaullah Ar-Rumi.

Ia melanjutkan, “Nah yang kami laksanakan kemarin merupakan Ujian Kenaikan Tingkat untuk teman-teman kelas 3, yang mana kita mulai dengan sesi pengisian Syarat Kenaikan Tingkat pada sore harinya dan Caraka Malam pada malam harinya, diharapkan teman-teman kelas 3 dapat secara penuh memaknai dan menjiwai poin-poin serta nilai yang ada pada ujian kenaikan kemarin sehingga dapat menjadi Pandu Pengenal Utama yang sebaik-baiknya dan sebenar-benarnya bermanfaat bagi sesama. Diharapkan juga untuk terus menjaga semangatnya agar di jenjang perkaderan selanjutnya di kelas 4 nanti, yaitu di Pendidikan Dasar Tamu Penghela dapat melaksanakan dengan baik pula.” ucap A’thaullah Ar-Rumi

Sesudah menyusuri Kampus Sedayu dan sekitarnya, acara Caraka Malam ditutup pada pada pagi hari oleh Ketua Umum DEP Muallimin M. A’thaullah Ar-Rumi dan Ketua Acara pada UKT Pengenal Utama, Dzaky Hilal Makarim.

Oleh : Tangguh Yodha Arzugadi
Editor : BIanveneida Madiva Khanza
Disclaimer: Konten adalah hak cipta dan tanggung jawab masing-masing pembuat, kecuali dinyatakan sebaliknya. Selengkapnya

Ikuti KweeksNews!

104FansSuka
1,051PengikutIkuti
41PengikutIkuti

Kiriman Terbaru

- Iklan -