27.8 C
Yogyakarta
Minggu, 27 November 2022
BerandaKabarIPMMMATIM Tebar Kepedulian di Tanah Magetan

IPMMMATIM Tebar Kepedulian di Tanah Magetan

Assalamu’alaikum rek, gimana nih kabarnya?

         Pada 4-23 April 2022 lalu, Ikatan Pelajar Madrasah Mu’allimin Mu’allimaat dari Jawa Timur (IPMMMATIM) telah mengadakan Mubaligh Hijrah 1443 H yang bertempat di Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Para kader disebar dibeberapa kecamatan di Magetan, seperti di Kecamatan Poncol, Kecamatan Ngariboyo dan Kecamatan Barat untuk siswa Mu’allimin, sementara siswi Mu’allimaat berada di Kecamatan Sukomoro, Kecamatan Panekan dan Kota Magetan sendiri.

           Kegiatan Muballigh Hijrah dimulai pada tanggal 4 April 2022 dengan acara pembukaan. Acara Pembukaan sendiri diadakan di SD Muhammadiyah 1 Magetan, Mubaligh Hijrah kali ini dibuka oleh Bapak Sumino selaku ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Magetan, lalu dilanjutkan dengan sambutan oleh ketua panitia Mubaligh Hijrah, Imron Hanafi. Sesuai dengan tema Mubaligh Hijrah kali ini, yaitu “Kader Berkemajuan Tebarkan Kepedulian Bangun Kebersamaan dari Tanah Kelahiran”, Imron Hanafi menyapaikan bahwa sebagai kader Mubaligh Hijrah kali ini menjadi sarana untuk menebar manfaat, untuk meningkatkan kualitas diri dan membantu orang lain dalam meningkatkan kualitas dirinya.

            Setelah acara pembukaan usai, para kader langsung dikirimkan menuju tempat tugasnya masing-masing. Mereka diberikan tugas yang bermacam-macam, mulai dari mengisi kultum, mengisi pengajian ibu-ibu, mengisi pengajian sebelum berbuka, menjadi imam shalat tarawih, menjadi khatib shalat jum’at maupun membantu kegiatan sosial masyarakat sekitar, bahkan mereka juga diminta untuk mengajar dilembaga-lembaga pendidikan sekitar. Para kader melaksanakan tugasnya dimasyarakat sejak tanggal 4 -18 April 2022.

             Pada tanggal 19-20 April 2022, para pelajar mengadakan sebuah kegiatan perlombaan yang diberi julukan Ramadhan Ceria, acara ini berisikan lomba-lomba untuk anak-anak sd muhammadiyah 1 Magetan. Lomba-lomba yang diadakan antara lain seperti lomba mewarnai, loma adzan, lomba tahfidz Al-Qur’an dan lomba tilawah Al-Qur’an. Para peserta yang menjadi juara lomba memperoleh sertifikat serta bingkisan sebagai reward dari panitia. Sore hari pada 20 April 2022, para pelajar juga mengadakan kegiatan berbagi takjil disekitar Masjid Agung Magetan, kurang lebih 100 pcs takjil dibagikan.

               Keesokan harinya, 21 April 2022 diadakan Tabligh Akbar yang bertempat di Panti Asuhan Muhammadiyah Magetan, yang diisi oleh Bapak Muhammad Jamaluddin Ahmad, Psikolog selaku ketua Lembaga Pimpinan Cabang Ranting Jawa Timur. “Ranting itu penting, Cabang harus Berkembang, Muhammadiyah sukses dunia dan Akhirat” ucap beliau. Dini hari, para pelajar kembali berbagi melalui kegiatan Sahur On The Road, kegiatan ini dilakukan dengan berkeliling disekitaran Kota Magetan dan Kecamatan Maospati untuk membagikan makanan sahur kepada warga yang sedang  beraktivitas. Sore hari, 22 April 2022 diadakan forum silaturahmi, buka bersama anggota IPMMMATIM dengan para alumni IPMMMATIM.

             Agenda terakhir adalah penutupan pada 23 April 2022 yang diselenggarakan di Panti Asuhan Muhammadiyah Magetan, acara kali ini dihadiri oleh perwakilan dari Pimpinan Daerah Muhammadiyah Magetan serta para Pimpinan Cabang Muhammadiyah di Kabupaten Magetan yang menjadi tuan rumah Mubaligh Hijrah IPMMMATIM 1443 H. Pada penutupan kali ini juga diadakan evaluasi tengah periode oleh para anggota IPMMMATIM. “Tugas sebagai kader untuk menebar manfaat bukan hanya saat Mubaligh Hijrah disini, saat pulang keruah kalian juga mengemban tugas itu” ucap Bapak Hariadi sebagai perwakilan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Magetan.

Oleh: Moh. Wildan Rachman
Editor: Wildan Aziz
Disclaimer: Konten adalah hak cipta dan tanggung jawab masing-masing pembuat, kecuali dinyatakan sebaliknya. Selengkapnya

Ikuti KweeksNews!

104FansSuka
739PengikutIkuti
41PengikutIkuti

Kiriman Terbaru

- Iklan -