24 C
Yogyakarta
Senin, 15 April 2024
BerandaKabarInternalisasikan Nilai Moderasi Lewat PKTM 1

Internalisasikan Nilai Moderasi Lewat PKTM 1

Relevansi Madrasah Mu’allimin sebagai sekolah kader persyarikatan kian nan terus direalisasikan pada kegiatan perkaderan untuk menempa para kadernya. Pada kesempatan kali ini Madrasah Mu’allmin melalui PR IPM Mu’allimin menyelenggarakan Pelatihan Kader Taruna Melati 1 (PKTM 1) pada Kamis hingga Ahad (02-05/02/2023). Kegiatan yang terselenggara di Wisma Dharmais Kulon Progo bersifat wajib diikuti bagi kader tingkat 4 Mu’allimin.

PKTM 1 kali ini mengusung tema ‘Internalisasi Nilai Moderasi Wujudkan Kader Berkarakter’. Di acara pembukaan Ipmawan Ihsan Adi selaku ketua panitia menyampaikan “Dengan terselenggaranya PKTM 1 ini diharapkan teman-teman kelas 4 mampu berpikir lebih luas dan menjadi kader yang berkarakter,”

Sebagai pengkaderan wajib, PKTM 1 ini menghadirkan para pemateri bertaraf nasional yang menjadikan nilai plus. Selain mendengarkan materi, para peserta diajak untuk berdiskusi tentang materi yang disampaikan melalui Small Group Discussion bersama fasilitator masing-masing. Tak hanya itu, peserta juga dituntut untuk bisa mempresentasikan hasil diskusi mereka di Forum Group Discussion. Selain SGD dan FGD, peserta yang sudah dibagi menjadi beberapa kelompok diajak untuk berdebat dengan kelompok lain dengan mosi debat yang relevan dengan dinamika masa kini.

Di malam terakhir PKTM 1, panitia mengadakan malam keakraban (makrab) dan pengukuhan sebagai tanda telah berakhirnya serangkaian acara PKTM 1. Pengukuhan PKTM 1 ini menjadi tanda bahwa para peserta sudah menjadi kader tingkat Taruna Melati 1 yang harapannya dapat menjadi kader yang moderat dan berkarakter sesuai dengan misi Muhammadiyah.

Di hari terakhir panitia dan para peserta mengikuti outbound, susur sawah, dan berenang di sungai yang terletak disamping Wisma Dharmais untuk menyegarkan pikrian setelah 3 hari sibuk berdiskusi. Setelah itu disiang hari diadakan penutupan acara PKTM 1. Ust. Aly Aulia selaku Direktur Madrasah Mu’allimin menyampaikan “Siapkan niat yang baik, lalu wujudkan dengan baik pula dan jangan lupa untuk melakukan self branding untuk kedepannya,”. Setelah semua serangkaian acara PKTM 1 selesai, peserta diberikan tugas RKTL (Rancangan Kerja Tindak Lanjut) untuk membuat esai berkaitan dengan materi.

M. Faatih Fadlurrohman dan kelompok 1 dinobatkan sebagai peserta dan kelompok terbaik dalam acara PKTM 1. “Alhamdulillah  senang bisa jadi peserta terbaik di acara ini. Semoga dengan menjadi peserta terbaik aku bisa lebih berkembang lagi,” Faatih menambahkan “PKTM 1 ini sangat berkesan bagiku karena berbeda dengan acara PKTM diluar sana. Harapannya teman-teman semua bisa mengimplementasikan nilai-nilai yang sudah ditanamkan kepada diri sendiri dan masyarakat.”

Terselenggaranya kegiatan ini diharapkan mampu menjadi pemantik implementasi nilai moderasi untuk dapat diwujudkan oleh para peserta kepada masyarakat. Diharapkan pula pemikiran para kader tingkat 4 bisa jauh lebih kritis dalam berpikir dan lebih luas untuk menyikapi dinamika dunia saat ini.

Oleh: Danu Rahman W. dan Ibrahim
Editor: Danu Rahman W.
Disclaimer: Konten adalah hak cipta dan tanggung jawab masing-masing pembuat, kecuali dinyatakan sebaliknya. Selengkapnya

Ikuti KweeksNews!

104FansSuka
1,063PengikutIkuti
41PengikutIkuti

Kiriman Terbaru

- Iklan -