23.7 C
Yogyakarta
Selasa, 18 Juni 2024
BerandaKabarCampus Expo: Lebih Dekat dengan Dunia Perkuliahan

Campus Expo: Lebih Dekat dengan Dunia Perkuliahan

Yogyakarta – Seusai upacara bulanan yang terlaksana di lapangan Madrasah Mu’alimin Muhammadiyah Yogyakarta, kursi-kursi mulai di tata rapi di atas panggung. Background panggung di buka dari gulungannya, dengan tulisan “Campus Expo” yang sederhana namun nampak memukau bagi pembaca.

Iniah “Campus Expo”, suatu acara dari DPP IKMAMMM yang ingin memperkenalkan kepada kader tingkat 4,5, dan 6 Aliyah mengenai kehidupan di jenjang perkuliahan setelah tamat dari Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta. Bekerja sama dengan Badan Pimpinan Harian Madrasah Mu’allimin Mu’allimaat Muhammadiyah dan IKMAMMM 2019, acara ini mampu menarik sejumlah santri yang belum memiliki tujuan akan pilihan studi lanjutnya.

Disambut oleh Kak Nabhan Mudrik Alyaum, yang menjabat sebagai ketua Dewan Pimpinan Pusat IKMAMMM. Ia mengutip sebuah quotes dari Walt Disney “ If you can dream it, you can do it ” artinya jika kamu mampu memimpikannya, kamu bisa melakukannya (menggapai) hal itu. Dari kutipan tersebut, ia berharap bahwa dengan Campus Expo ini para santri mampu untuk bermimpi lebih jauh dan dapat merealisasikannya.

Perwakilan Madrasah, Wadir 3 Ustadz Zulkifli S.Pd.I., M.Pd.I., pun tak kalah tegas dalam merencanakan masa depan. Beliau memulai dengan mengambil data dari “The Conversatation” mengenai harapan generasi Gen Z dalam mencita-citakan pekerjaan impiannya. Dari data tersebut, komentar beliau adalah “gencar memasuki dunia kerja” bagi para pemuda Generasi Z, para pemuda ini mampu bermanfaat bagi siapapun kedepannya.

“Anda berani tidak?” Itulah pertanyaan yang ditegaskan oleh Amika Wardana, S.Sos., M.A., Ph.D., saat mengisi keynote speech. Beliau mengangkat topik “ Bonus Demografi sebagai Peluang bagi Bangsa Indonesia Untuk Berada Dalam Posisi Puncaknya .”, namun kuantitas saja tak cukup. Kebutuhan kualitas tenaga kerja juga diperlukan, sehingga mendatangkan tantangan bagi pemuda sekarang, yaitu berani dan tekun belajar. Tantangan tadi adalah tanggung jawab pula bagi para calon pemegang masa depan, dimana mereka harus bisa memanfaatkannya sebaik baik mungkin. Namun-sekali lagi-pertanyaannya, “Anda berani tidak?”

Pembukaan tersebut dimulai dari pukul 08.30 WIB, Ahad, (01/10/2023), hingga pukul 09.15 WIB untuk dilanjutkan oleh Talkshow bersama alumni Mu’allimin mengenai kehidupan perkuliahan. Acara ini diakhiri dengan mempersilahkan santri untuk melihat-lihat berbagai stand dari berbagai universitas, mulai dari ISI, UNPAD, UGM, UNY, UII, UAD, UPN, UMY, Universitas Telkom dan Unisa.

Oleh: M. Afif Nur Hidayat
Editor: Danu Rahman Wibowo
Disclaimer: Konten adalah hak cipta dan tanggung jawab masing-masing pembuat, kecuali dinyatakan sebaliknya. Selengkapnya

Ikuti KweeksNews!

106FansSuka
1,068PengikutIkuti
41PengikutIkuti

Kiriman Terbaru

- Iklan -