25.6 C
Yogyakarta
Minggu, 27 November 2022
BerandaKabarAMMAKSDA Setia Menyalurkan Kurban di Tengah Pandemi

AMMAKSDA Setia Menyalurkan Kurban di Tengah Pandemi

Keadaan yang mulai rumit ini, rupanya tidak menahan semangat organisasi daerah untuk tetap menjalankan rutinitasnya dalam menebarkan kebaikan. AMMAKSDA adalah salah satu dari beberapa organisasi daerah yang menyumbangkan tenaga dan hewan sembelihan dalam rangka bakti sosial dan wujud dari ta’awun yang selama ini telah dipelajari di Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta. Kurban adalah salah satu dari beberapa program kerja AMMAKSDA yang merupakan wujud dari bakti sosial.

Meskipun tak seramai tahun-tahun sebelumnya karena pandemi, agenda kurban tahun ini berhasil diselenggarakan di dua tempat dan dua waktu yang berkesinambungan. Kurban pertama diadakan pada hari Jumat, 31 Juli 2020, tepatnya di Dusun Beningan 3, Kelurahan Bateh, Kecamatan Candimulyo, Kabupaten Magelang. Kemudian, dilanjutkan Kurban di hari kedua di Desa Butuh, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang. Kegiatan dimulai sejak malam takbiran (Kamis, 30 Juli 2020) di Dusun Beningan 3, Candimulyo. Kemudian diakhiri pada sore hari Sabtu, 1 Agustus 2020 di Desa Butuh, Sawangan, Kabupaten Magelang

Kegiatan ini tak lepas dari pemberlakuan protokol kesehatan dan screening menggunakan surat sehat bagi panitia yang terlibat. Bahkan panitia tidak diizinkan untuk menginap di lokasi, dan diwajibkan kembali ke kediaman masing-masing apabila telah selesai kegiatan di satu lokasi. Walaupun sedikit merepotkan, seyogyanya para panitia sebagai tamu mengerti adab dan dapat menjaga diri masing-masing dan orang lain sehingga tidak menimbulkan masalah baru.

Selain kegiatan yang terbilang lancar dan sukses, warga setempat juga menerima dengan baik bantuan yang panitia berikan. Selama kegiatan, warga setempat tampak antusias ketika melakukan penyembelihan dan pembagian daging kurban. Bahkan, panitia sempat makan siang bersama warga dalam rangka mengenalkan dan mempererat hubungan batin dengan warga daerah yang disambangi. Semua ini berkat rahmat Allah serta kerja keras dan kegigihan panitia untuk menjadi pelita di tengah umat. Walau kadang dianggap sebelah mata, bukti bahwa slogan “Khoirunnas anfauhum linnas” yang dijargonkan AMMAKSDA bukan omong kosong yang dibesar-besarkan saja. (Faried, 02/08/2020)

Oleh: Faried Akbar S.
Editor: Ahmad Rulim

Disclaimer: Konten adalah hak cipta dan tanggung jawab masing-masing pembuat, kecuali dinyatakan sebaliknya. Selengkapnya

Ikuti KweeksNews!

104FansSuka
739PengikutIkuti
41PengikutIkuti

Kiriman Terbaru

- Iklan -