30.5 C
Yogyakarta
Rabu, 24 Juli 2024
BerandaKabarSemarak Iduladha 1445 H: Baksos dan Kurban di SD Muhammadiyah Bendo Kalibawang

Semarak Iduladha 1445 H: Baksos dan Kurban di SD Muhammadiyah Bendo Kalibawang

Lembaga Pers Mu’allimin, Kulon Progo – Pada hari Ahad-Senin (16-17/06/2024) Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta bersama organtri telah mengadakan kegiatan Tabligh Akbar dan Bakti Sosial di SD Muhammadiyah Bendo, Kalibawang, Kulon Progo. Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan sosial yang diadakan oleh Madrasah Mu’allimin yang sudah rutin dilaksanakan dari tahun ketahun. Kegiatan ini juga sebagai cara Madrasah Mu’allimin untuk membantu sesama dan menyambung tali silaturahmi antar saudara sesama muslim.

Pada hari Ahad (16/06/2024), setelah tiba di lokasi, kegiatan diawali dengan pembukaan dan agenda lomba-lomba di SD Muhammadiyah Bendo. Setelah melalui acara pembukaan yang berlokasi di SD Muhammadiyah Bendo, para anak-anak TK dan SD dengan antusias mengikuti perlombaan seperti lomba adzan, mewarnai, pidato, dan lomba hafalan Al-Quran. Terlihat jelas semangat anak-anak dalam mengikuti kegiatan lomba pada siang hari saat itu.

Di malam harinya, kegiatan dilanjut dengan acara Tabligh Akbar yang juga berlokasi di SD Muhammadiyah Bendo. Kegiatan dibuka dengan penampilan dari siswa SD Muhammadiyah Bendo. Mereka membawakan penampilan Tapak Suci hingga hafalan Al-Quran. Acara dilanjut dengan sambutan oleh Kepala Sekolah SD Muhammadiyah Bendo yaitu Ibu Sri Lestari, Ketua PCM Kalibawang, dan Madrasah Mu’allimin Ustaz H. Aly Aulia, Lc, M.Hum yang sekaligus membuka acara Tabligh Akbar.

Setelah resmi dibuka oleh Ustadz Aly Aulia, acara dilanjut dengan pengumuman pemenang lomba TPA dan penyerahan piala serta sertifikat oleh perwakilan organisasi santri Mu’allimin. Dengan total 15 pemenang, penyerahan piala dan sertifikat lomba diiringi oleh tepuk tangan dan wajah bahagia dari para pemenang.

Berlanjut pada acara utama yaitu Tabligh Akbar Semarak Iduladha bersama Dalang Cilik Mu’allimin Syafiq Abdillah. Dengan menggunakan wayang sebagai alat peraga, Syafiq banyak memberikan nasihat tentang kehidupan. Banyak dari warga dan anak-anak yang antusias menyaksikan pertunjukan wayang oleh Syafiq. Setelah rangkaian acara Tabligh Akbar selesai, acara ditutup dan para warga kembali ke kediaman masing-masing untuk beristirahat dan menyiapkan hari esok untuk salat Id.

Keesokan harinya setelah salat Id berjamaad, acara bakti sosial dan penyembelihan hewan kurban pun dilaksanakan. Kali ini, sapi yang disembelih berbobot lebih dari 200 kilogram lho Sob. Ini adalah sapi terbesar yang pernah disembelih oleh Mu’allimin. Dengan tempat yang sudah disiapkan, para santri Mu’allimin menawarkan pakaian layak pakai untuk dijual murah kepada masyarakat sekitar. Tak hanya itu, paket sembako murah yang berjumlah 300 buah yang juga diberikan kepada warga sekitar Desa Jati. Terlihat jelas wajah bahagia para warga yang mendapatkan pakaian murah, paket sembako murah, dan juga daging kurban pada hari itu.

Seluruh uang hasil penjualan pakaian layak pakai dan paket sembako murah disumbangkan kepada SD Muhammadiyah Bendo untuk pembangunan fasilitas. Harapannya Madrasah Mu’allimin dapat menjalin tali silaturahmi sekaligus memberikan bantuan kepada sesama warga muslim khususnya Muhammadiyah sebagai hasil pengamalan surah Al-Maun

Oleh: Danu Rahman dan Najwan Firdausi
Editor: Danu Rahman Wibowo
Disclaimer: Konten adalah hak cipta dan tanggung jawab masing-masing pembuat, kecuali dinyatakan sebaliknya. Selengkapnya

Ikuti KweeksNews!

106FansSuka
1,098PengikutIkuti
41PengikutIkuti

Kiriman Terbaru

- Iklan -