27.9 C
Yogyakarta
Senin, 15 Agustus 2022
BerandaKabarDiskusi Literasi oleh SPM: Pembelajaran Efektif Pelajar Kreatif

Diskusi Literasi oleh SPM: Pembelajaran Efektif Pelajar Kreatif

Pada hari selasa, tepatnya pada tanggal 30 November 2021, Pimpinan Sobat Perpustakaan Mu’allimin baru saja melaksanakan kegiatan Diskusi Literasi yang diikuti oleh beberapa perwakilan Kader tingkat 2 & 3 Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta. Kegiatan tersebut bertemakan “Pembelajaran Efektif Pelajar Kreatif.”. Seperti yang kita ketahui bersama setiap orang memiliki cara belajarnya masing-masing . Maksud dan tujuan diadakannya acara Diskusi Literasi ini ialah agar santri Mu’allimin dapat menemukan cara belajar mereka, sehingga harapannya ketika mereka menghadapi Penilaian Akhir Tahun yang akan diadakan pada tanggal 18 Desember mereka siap dan dapat memperoleh nilai yang maksimal.

Acara ini dimulai pada pukul 13.30 dan bertempat di Masjid Jami’ Mu’allimin. Diawali dengan pembacaan kalam ilahi yang dibacakan oleh Aminuddin Al abror, kemudian dilanjutkan sambutan oleh ketua umum Sobat Perpustakaan Mu’allimin yakni M. Rafif Danuja, ia berpesan bahwasanya untuk menciptakan pembelajaran yang efektif maka kita harus mencari tau cara belajar kita masing-masing dan ia mengajak untuk terus semangat dalam menuntut ilmu.

Setelah kegiatan opening berlangsung, kemudian dilanjutkan sesi pertama yakni penyampaian materi oleh ustaz Eko. Beliau menjelaskan beberapa perbedaan ciri dan cara belajar setiap orang berdasarkan golongan darahnya 1) Golongan Darah A : golongan darah ini memiliki keahlian dalam menganalisis dan cenderung suka untuk menghitung 2) Golongan darah B : golongan darah ini memiliki keahlian dalam berkreatifitas 3) Golongan Darah AB : golongan darah ini memiliki keahlian dalam menghafal 4) Golongan darah O : golongan darah ini memiliki keahlian dalam merasa. Selain itu ustaz Eko juga memberikan motivasi-motivasi untuk mendorong semangat kita dalam belajar. Selain itu Ustadz Eko menyampaikan bahwa sejatinya seluruh manusia lahir dalam kondisi yang cerdas, akan tetapi faktor lingkungan yang memberikan pengaruh yang menjadikan mereka pribadi yang cerdas atau bukan.

Di sesi kedua peserta dipersilahkan untuk mengajukan pertanyaan maupun pendapat. Di penghujung acara ustadz Eko memberikan closing statement nya “Mas percayalah pada diri kalian, kalian semua itu cerdas, bersyukurlah dengan apa yang telah diberikan Allah SWT. Tetap semangat, InsyaAllah kalian akan menjadi orang-orang yang sukses. “

Oleh: M. Rafif Danuja
Editor: Izzuddin Al-Qassam A.
Disclaimer: Konten adalah hak cipta dan tanggung jawab masing-masing pembuat, kecuali dinyatakan sebaliknya. Selengkapnya

Ikuti KweeksNews!

104FansSuka
685PengikutIkuti
40PengikutIkuti

Kiriman Terbaru

- Iklan -